Kamis, 03 Mei 2012

BlackBerry Anggarkan 45 Miliar Rupiah untuk ITB

my-infortech.blogspot.com - Kamis | 3 Mey 2012


Produsen dan penyedia layanan BlackBerry, Research In Motion (RIM) akan menyediakan dana senilai 5 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 45 miliar untuk 5 tahun kepada Institut Teknologi Bandung untuk pengembangan aplikasi mobile technology di Indonesia.

Pengelolaan anggaran nantinya akan diserahkan kepada ITB. Hal tersebut disampaikan Staf Divisi Riset Teknologi Informasi ITB, Baskara Nugraha, di sela-sela acara Blackberry World 2012, di Orlando, Florida, Rabu (2/5/2012).

"MoU baru akan ditandatangani pekan depan. Setelah itu akan ada perjanjian kerja sama. Dana tersebut untuk lima tahun. Dana tersebut akan kami gunakan untuk sejumlah program, misalnya memberikan beasiswa dan lomba aplikasi," ujar Baskara.

Kerja sama tersebut merupakan bagian program bisnis BlackBerry, terutama untuk Indonesia, yaitu mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas aplikasi, mendukung pengembang untuk mendapat keuntungan finansial, dan memberikan dana untuk mendukung developer.

"Dengan sistem operasi BlackBerry 10, developer akan lebih mudah mengembangkan aplikasi baru. Jika mereka sudah memiliki aplikasi untuk sistem operasi lain, mereka bisa dengan mudah mengubah itu supaya sesuai dengan sistem operasi BlackBerry 10," terang Senior Director Alliances Strategy & Business Development RIM, Peter Ng.

Untuk mendukung pemasaran aplikasi BlackBerry, Indosat menyiapkan carrier billing, yaitu pembayaran pembelian aplikasi menggunakan sistem pemotongan pulsa.

"Indosat akan menjadi carrier pertama yang memiliki carrier billing," ujar Presiden Direktur dan CEO Indosat, Harry Sasongko.






Sumber : Kompas

0 komentar:

Posting Komentar